On Selasa, 13 Juli 2010 0 komentar

Kamis, 27 Mei 2010. Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara (PKP2A III LAN) mengadakan kegiatan “Sosialisasi Jabatan Fungsional”. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi yang lebih mendalam tentang jabatan-jabatan fungsional khususnya di Lembaga Administrasi Negara. Dan diharapkan dari kegiatan ini para pegawai dapat semakin mudah menentukan arah karirnya.

Acara yang diadakan di Ruang Rapat Utama pada tanggal 27 Mei 2010 menghadirkan beberapa narasumber utama. Diantaranya adalah Direktur Jabatan Karir Badan Kepegawaian Negara, Bapak Yulianus Tandi, SH., M.Si. yang membawa makalah “Arah Karir Masa Depan PNS” dan Kepala Sub Bagian Pengembangan dan Kesejahteraan Pegawai Lembaga Administrasi Negara, Bapak Bambang Suhartono, S.Sos., ME. Yang membawa makalah “Ketentuan dan Prospek Tentang Jabatan Fungsional Tertentu”. Acara ini sendiri dihadiri oleh seluruh pegawai PKP2A III LAN.


Dalam sambutan pembukaan yang dibacakan oleh Kepala PKP2A III LAN, ibu Dr. Meiliana, SE., MM. mengamanahkan agar setiap pegawai dapat berperan dalam menentukan karirnya sendiri. Organisasi PKP2A III LAN hanya sebagai fasilitator karir masing-masing pegawai. Mengingat pejabat fungsional di PKP2A III LAN yang masih minim dan perlunya akselerasi untuk pencapaian tujuan maka diharapkan para pegawai untuk dapat mengisi jabatan-jabatan fungsional yang masih kurang dan lowong.



Arah pembinaan PNS adalah untuk membentuk PNS yang professional, setidaknya demikianlah yang disampaikan oleh Bapak Yulianus Tandi. Untuk itu dilakukan upaya pembinaan karir yang sistematis, kontinyu dan optimal. Optimalisasi pembinaan karir PNS dilakukan dengan mengembangan jabatan struktural dan jabatan fungsional tertentu. Dan pembinaan karir ini berdasarkan system prestasi kerja dan system karir. Pembinaan karir sendiri diarahkan untuk membentuk PNS yang professional, diharapkan dengan adanya profesionalisme PNS ini diharapkan dapat membentuk PNS yang netral. PNS yang netral dan professional akan membentuk PNS yang sejahtera dan kombinasi ketiganya diharapkan akan membentuk PNS yang akuntabel. Dan pada akhirnya PNS diharapkan menjadi perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Jabatan fungsional tertentu memiliki keunggulan jika dibandingkan jabatan structural. Jabatan fungsional tertentu lebih cepat untuk mendapatkan kenaikan pangkat. Jabatan fungsional tertentu jika memenuhi persyaratan angka kredit dalam dua tahun akan mendapatkan kenaikan pangkat satu jenjang lebih tinggi. Dimana jabatan structural dengan kondisi normal hanya mendapatkan kenaikan pangkat dalam empat tahun. Dan masih banyak keunggulan yang lainnya.


Ada beberapa jabatan fungsional tertentu yang saat ini dikembangkan oleh LAN atau di tingkat PKP2A III LAN. Jabatan fungsional tertentu tersebut diantaranya Widyaiswara, Peneliti, Perencana, Arsiparis, Analis Kepegawaian dan Auditor. Namun, peminat jabatan-jabatan fungsional tertentu ini masih sangat minim. Padahal jika dirunut dari Tugas dan Pokok Fungsi LAN, LAN harus didukung dengan pejabat-pejabat fungsional tertentu.


PKP2A III LAN atau LAN sendiri mendorong para pegawainya untuk lebih memilih jabatan fungsional tertentu dibandingkan jabatan structural. Secara rutin setiap tahunnya LAN melalui PKP2A III LAN memberikan kesempatan kepada seluruh pegawai untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) penjenjangan jabatan fungsional tertentu. Dan Bagian Kepegawaian LAN Jakarta membantu sepenuhnya kepengurusan pengangkatan kedalam jabatan fungsional.
Apalagi kedepan jika Reformasi Birokrasi diberlakukan di LAN jabatan fungsional tertentu mendapatkan apresiasi lebih dibandingkan jabatan fungsional umum. Karena dari spesifikasi pekerjaan jabatan fungsional dapat dengan mudah terukur. Dan pekerjaannya lebih mudah untuk dilakukan penilaian.

Selain itu sebagai Pembina Kepegawaian secara keseluruhan LAN hendaknya mempersiapkan Man Power Planning sebagai perencanaan sumberdaya manusia. Sehingga kebutuhan dan pengembangan sumberdaya manusia yang ada di LAN dapat diintergrasikan secara menyeluruh.


Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu bentuk penyadaran karir bagi pegawai PKP2A III LAN. Sehingga pegawai PKP2A III LAN lebih aktif melakukan tindakan-tindakan guna mendukung karirnya kedepan. Karena dalam organisasi modern pegawai mendapatkan porsi lebih dalam menentukan karirnya. (fajar)

Foto 1. Pembukaan Acara



Foto 2. Suasana dalam ruangan










0 komentar:

Posting Komentar