On Senin, 19 Juli 2010 0 komentar

Laporan keuangan pemerintah belakangan ini memunculkan isu isu strategis yang harus mendapat perhatian serius, seperti (1) Adanya opini BPK atas LKPP(Laporan Keuangan Pemerintah Pusat) dan LKPD(Laporan Keuangan Pemerintah daerah) masih belum baik; (2) Maraknya Korupsi Pejabat Publik,Birokrasi dan Pengusaha; (3) Kebocoran dan pemborosan anggaran Negara; (4) Reformasi Birokrasi masih Jalan diTempat ; (5) Penegakan Hukum Masih lemah;(6) Praktek demokrasi yang sarat dengan money politic;(7)Penerapan SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah) harus segera dipacu.
Beberapa hal tersebut diatas muncul dalam diskusi bertema “Isu Isu Strategis Menuju Peningkatan Akuntabilitas Keuangan Instansi Pemerintah” yang diadakan pada hari senin, 19 Juli 2010 di Ruang Rapat Utama PKP2A III LAN.
Acara yang dihadiri oleh total 27 orang peserta dari kalangan internal PKP2A III LAN dibuka langsung oleh Dr. Meiliana,SE, MM. Bertindak sebagai Narasumber Bapak Drs. Zulheri (BPKP Perwakilan Provinsi Kaltim) dan dimoderatori oleh Bapak Ferry Firdaus, S. Pd., M. Ed..

Pemaparan yang disampaikan oleh Narasumber, selain berkaitan dengan isu strategis diatas juga membahas mengenai pengelolaan keuangan negara dan akuntabilitas keuangan negara. Materi-materi ini mendapatkan perhatian cukup tinggi oleh para peserta. Dibuktikan dengan adanya diskusi yang berlangsung sangat konstruktif antara narasumber dengan peserta.
Kesimpulan yang dapat diambil dari kegiatan ini adalah perwujudan akuntabilitas keuangan pemerintah tidak mudah dicapai tanpa adanya beberapa unsur pendukung. Seperti kesamaan langkah dalam pencapaian tujuan pemerintahan secara efisien dan efektif, pengelolaan aset negara dengan aman, laporan keuangan yang andal dan mematuhi peraturan yang berlaku.


0 komentar:

Posting Komentar